Kelebihan dan Kekurangan Windows Phone 8

I Love Windows PhoneTak terasa, genap satu minggu sudah saya mencicipi HTC Windows Phone 8s setelah sekitar satu tahun setengah menggunakan Smartphone Robot Hijau (baca: Android). Butuh sedikit pembiasaan untuk bermigrasi dari Android ke Windows Phone 8, karena memang kedua sistem operasi ini sedikit berbeda (agak jauh berbeda sih sebenarnya :D ).

Selama seminggu pula, saya telah menemukan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki WIndows Phone 8, dibandingkan ketika saya menggunakan Android.

Berikut, beberapa kelebihan dan kekurangan Windows Phone 8 menurut saya sendiri:

Kelebihan Windows Phone 8

  • User Interface Keren, dan inilah alasan utama kenapa saya memlih Windows Phone 8 :D . Bagi UI Addict seperti saya, tampilan Modern UI dengan Live Tile di Windows Phone 8 memang sangatlah menggoda. Beberapa aplikasi, seperti Facebook, Foursquare, dan kawan-kawannya berpenampilan sangan keren dan berbeda 180 derajat dengan tampilan di Android.

    Start Screen
    Ini Start Screen Saya
  • Start Screen yang bisa dikustomisasi sesuai selera. Walaupun Windows Phone tidak mendukung yang namanya wallpaper, namun Start Screen yang dipenuhi Live Tiles cukup untuk memanjakan mata user yang menggunakannya.
  • Multitasking mantab, yang membuat saya lebih mudah berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Berbeda saat saya menggunakan Android, meskipun mendukung multitasking juga, perpindahan dari satu aplikasi ke aplikasi lain terasa kurang praktis.
  • People, aplikasi yang menggabungkan semuanya menjadi satu. Dengan membuka aplikasi ini, update terbaru daru teman facebook, twitter, dan linkedin akan ditampilkan secara bersamaan. Lumanyan membantu untuk orang yang sering ngeksis di jejaring sosial seperti saya ini :D hehehe
  • Notifikasi dalam satu tempat, mempermudah untuk mengaksesnya. Pengguna Windows Phone 8 tidak perlu membuka aplikasi Facebook, Twitter, dan Linkedin satu persatu untuk melihat notofikasi, karena semuanya telah dikumpulkan dalam satu tempat dan akan ditampilkan juga di Live Tiles.

Kekurangan Windows Phone 8

  • Tidak adanya shortcut untuk notification center yang mudah diakses. Jika di Android dan beberapa sistem operasi lain, user dimudahkan untuk melihat notifikasi dengan menarik menu bar ke bawah, di Windows Phone 8 ini semuanya dikumpulkan di Start Screen, sehingga untuk melihatnya user harus meminimize aplikasi yang sedang dibuka, dan kembali ke Start Screen.
  • Pilihan aplikasi yang masih sedikit. Koleksi aplikasi yang tersedia di Windows Phone store masih sangat minim karena Windows Phone 8 merupakan sistem operasi yang sangat baru.
    Update : sekarang, aplikasi-aplikasi yang dulunya hanya tersedia untuk Android dan iPhone sudah banyak yang muncul ke Windows Store
  • Update aplikasi yang sedikit agak lama dibanding OS yang lain. Karena pengguna Windows Phone terbilang kalah jauh dibanding Android dan iOS, para developer biasanya akan mendahulukan update aplikasi di kedua OS besutan Google dan Apple tersebut, barulah update untuk Windows Phone 8 akan dikeluarkan.

Hal diatas merupakan beberapa kelebihan dan kekurangan Windows Phone 8 secara umum murni dari saya setelah memakanya selama 1 Minggu. Selain itu, masih banyak aplikasi-aplikasi menarik yang belum saya temukan di sistem operasi lain yang pernah saya gunakan.

Rekomendasi :

Published by

Riffrizz

Official account of Rifki Rizki a.k.a Riffrizz. Social media addict and also as blogger. Android user, Ubuntu fan, and Angry Birds fans, SQUAWK !! http://riffrizz.blogspot.com

301 thoughts on “Kelebihan dan Kekurangan Windows Phone 8”

    1. wp adalah os baru dan dalam proses pengembangan butuh dari user yg smart untuk memberi feedback terhadap kekurangan yang ada, update dari gdr 1 ke gdr 2 adalah bukti realisasi dari feedback user2 yg smart.

  1. bisa pairing/teethering tidak? karena dulu waktu os mango di nokia versi murah (seri 6 kalau engga salah) fasilitas teethering tidak ada, kalah sama android galaxy mini yang jauh lebih murah fasilitasnya.

  2. katanya nggak bisa share file via bluetooth ya? file manager, mass storage juga nggak ada katanya. trus juga ada yg bilang belum bisa multi tasking

    1. Share via bluetooth bisa, mungkin nggak bisa karena bluetoothnya belum di turn on, berbeda dengan android yang ada peringatan untuk turn on setiap kirim file

      kalau file manager saya belum nemu di store :(

      multitasking sudah saya buktikan bisa, menurut saya malah lebih gampang untuk berpindah2 app dibandingkan android

    1. kalau social punya saya nggak bunyi (entah ada pengaturannya atau apa, saya belum check karena memang tidak terlalu saya butuhkan, justru mengganggu). kalau ada SMS, whatsapp, line, ym, email, dkk tetep ada notifikasi suara / getar

  3. Iya pyo jg lg nungguin yg lumia 620….
    Yah nmnya jg buatan mnusia g ada yg smprna…
    Pyo udh nyari sana sini belum ktmu hapenya maklum d kalimantan telat sampe klo pun ada harganya itu looohh mahal… Tp krna pyo nokia lover jd pgen ngrsa yg pk windows jg…^^

    1. saya kemaren rencana juga nunggu nokia 620, tapi apa daya sudah nggak sabar :D browsing nemu tipe ini yg menurut saya lebih cocok ke saya daripada si Nokia :D

    1. Kabarnya akan masuk ke windows market. tapi ada juga kembaran / apalah nya instagram , ITSDAGRAM buat wp8.

    1. Saya pengguna windows 8, begitu saya tancepkan.. langsung detek Device Windows Phone di win explorer, kemarin saya coba di Windows 7 juga sama :)

    1. gans game’y ok dahh.. meskipun banyak yg bayar’y ketimbang gratis.. apalgi xbox live’y… uhhh mantap dh bisa buat avatar sendiri….
      sekali nyoba ketagian hehehehe…

    2. sekarang udah banyak yg bagus, grafik oke, dan gratis :D
      yg Xbox SIX-GUNS, Jetpack Joyride
      Royal Revolt
      dan lain-lain :D

    1. auto rotate sudah bisa, walaupun ada sebagian aplikasi yang belum mendukung auto rotate

      kalau file video.. saya masih nyoba mp4, belum yang lain.. di spesifikasi smartphone mungkin ada jenis file apa saja yang didukung

  4. Q tertarik bgt sm WP8,,,
    Blh q tanya bbrp hal?Krn q gtw ttg WP8

    1. Mnrtmu, scr pribadi, lbh enakan mn pkai WP8 ato android?

    2. Ap klbhan serta kkrngan WP8 n android?

    3. WP8 n android lbh ditujukan kpd pngguna yg mempunyai kbtuhan ap?

    4. Mnrtmu, mngpa WP8 Tak populer di msyrkat luas ktimbang android? Dilihat dr segi pengguna, bkn developer.

    Maaf ya klo prtnyaanku byk bgt. Hehehe. Thankz be4. :)

    1. 1. dulu saya pakainya androidnya yang low-end jadinya banyak lag, belum pernah benar-benar memaikai android minddle/high end :) jadi belum bisa membandingkan. Misalna seneng coba-coba aplikasi baru saya sarankan Android saja
      2. Kalau ini sudah saya tulis di atas sepertinya :D
      3. Sepertinya tergantung vendor dan tipenya juga :/
      4. Android lebih tenar duluan, banyak juga android low-end yang ramah di kantong masyarakat indo, jadinya lebih populer.

    1. Iya, bisa utk Nokia Lumia 520. Slain itu sya kurang tau. Ya pastinya beli gan, kya hp2 yg lainlah. Klo mau tampil beda, y hrus beli casing baru… :)

  5. kya’y bru pnya lumia 610 msih kurang ok… jaringan operasi’y masih wp7,8 itu pun sdh di upgrade… tpi kurang klo belum ad memory external’y…. hehehe

    1. untuk simple lebih enak android aplikasinya lebih gampang dipakai dibanding windows ,windows harus lebih di otak atik baru tau
      windows aplikasinya yg sama android rata2 berbayar

  6. mas mau tanya dong…saya sudah pake WP8 tapi masih bingung nemuin file managernya..mau liat data2 yang ada pada memori kok kagak ketemu2…apa ada aplikasi yang diperlukan untuk mendukung file manager tersebut….tq…

    1. Memang di WP8 tidak ada file managerY. Utk lihat data yg ada di HP kita, colokin aja ke PC. Nanti kelihatan semua. Utk app pendukung di HP, yg sya tahu sampai saat ini masih blm ada… :)

  7. window phone 8 emang generasi skrg dan yg akan datang,makin tertarik ajh nh.. nabung dlu ahh bwt beli hp window 8 yg sesuai dgn kantong sy “nokia lumia 520″

  8. gw udah seminggu pake lumia 620,puasss banget,hampir 5thn terakhir gonta ganti dr mulai bb,iphone,android..user interface cantik bgt mudah dikostumisasi dan pas digenggaman bikin tiap menit pengen kita buka ni smartphone,,,internetnya yg paling mengagumkan melesat dahsyat,ga ada istilah delay,,walopun cm ditanam ram 512 tapi gesit abis coz tiap buka aplikasi mudah untuk di idle,,mungkin seri sebelumnya msh bnyk kekurangan tapi wp8 sudah jauh lebih banyak perbaikan..layak disejajarkan dgn smartphone lain pokonya recomended bgt

  9. numpang share sedikit,..

    saya pake wp8 (lumia 820), udah hampir 2 bulan. pertama saya terkagum dengan tampilan UI nya, memang sngat keren. tapi pada akhirnya saya menemukan banyak kelemahan dibanding os android diantaranya yang saya temukan :

    1. tidak bisa merekam percakapan panggilan (hp sya yang lain nokia x2-00 sangat bisa) meskipun banyak aplikasi recorder yang bisa di download di store seperti voice recorder itu ternyata tidak bisa melakukan perekaman percakapan telepon kita, yang bisa direkam hanyalah suara yang berasal dari luar.

    2. Jika kita hobi berbagi file video melalui bluetooth, maka kita tidak akan pernah bisa melakukannya, KECUALI video tersebut berasal dari camera lumia itu sendiri, yang hasil dari video itu disimpan otomatis di aplikasi (galeri) photos di camera roll. akan tetapi anehnya kita bisa menerima file video yang support melalui bluetooth. (ingat hanya menerima, bukan mengirim)

    3. tidaka ada file manager baik bawaan ataupun dari aplikasi pihak ketiga, jadi kita akn asangat kesulitan mengatur file2 kita. semuanya diatur otomatis oleh sistem ini. dan karna hal itu demikian, kita akan banyak mendapat masalah, misalnya kita mencoba mengirim file yang tidak di dukung os ini baik melalui bluetooth ataupun canle usb,, maka file tersebut tidak akn kita temukan di handpone kita, dimanapun kita mencarinya, seperti hilng di telan bumi.

    4. file video yang di dukung sangat terbatas (MP4,WMV,AVi dan 3gp). tidak akan pernah bisa memutar file video FLV seperti layaknya android, bahkan android mampu memutar file bersubtitle srt dan lainnya sedangkan wp8 sangat TIDAK BISA. (ini yang paling say tidak suka dari wp8)

    5. banyak aplikasi di store yang ternyata tidak bisa dipakai padahal tidak gratis.

    menurut saya, wp8 kelebihannya hanya pada UI dengan live tile nya, selebihnya kalah jauh sama android.

    terimakasih sudah di izinkan sharing disini.

    salam

    1. nomer 1, 2, 4, dan 5 saya tidak begitu membutuhkan, yg nomer 4 ini yang paling fatal menurut saya :D cari-cari tutorial unlock WP8 juga belum ketemu..

    2. sorry masbroo..!!
      untuk yang no.2
      ane juga pengguna lumia 620 nih, lumia ane bisa kok kirim-terima video melalui bluetooth..!!
      dan untuk yang no.4
      ane sedang mencobanya..

      dan untuk yang lainnya ane juga sepakat.
      pisss..
      just share.

    3. dan untuk yang no.4
      ternyata bisa memutar video bersubtitle juga.
      tentunya setelah di konverter terlebih dahulu ke bentuk file mp4.

    4. saya sangat bangga pake lumia 520 biar murah tapi bandel
      kemaren ane test sama samsung galaxy S III jelly bean (4.2.2) Punya temen ane
      hasilnya seri dari segi aplikasi, kecepatan notif, respon, UI, Internet, wifi.

      memang nokia lumia 520 kalah saat kamera diaktifkan HP menjadi cepat panas.

      ane menang jauh pas test touchscreen pake pisau dapur dan sarung tangan tebel
      dan ane menang kecepatan pindah aplikasi, sama test kamera dimalam hari tanpa flash.

      Android OS vs Blackberry OS VS iOS VS Windows Phone OS VS Java OS VS Symbian OS

      selama saya make segala jenis tetaplah OS WindowsPhone terbaik
      Windows Phone aplikasi Belom ada yang bisa di bajak
      beda dengan android yang bisa dijebol aplikasi berbayarnya melalui APK-Share
      iOS dijebol dengan hadirnya Cydia/jailbreak
      Blackberry dengan JAD/COD yang tersebar di internet

      jenis OS yang belom ada tiruanya
      cuma BlackBerry 6, 7 dan WindowsPhone
      OS mana lagi yang tampilananya sama seperti mereka

      OS 5 BB = Java OS = Symbian OS
      Android = iOS sekilas mirip GUInya
      Windows Phone 5, 6, 7, 7.8, dan 8 = Belom ada
      OS 6 dan 7 BB = belom ada
      OS 10 BB = android / Ubuntu Mobile

      dari situ yang pernah ane lihat dan rasakan :D
      selama ane bisa memegang GADGET/SmartPhone yang ada diindonesia

      ane masih menunggu kapan UBUNTU Mobile masuk dunia GADGET

  10. setuju dengan Qonye Roolauxthree Ououo , file video hasil rekaman hilang ntah kemana padahal tidak pernah dihapus. banyak memori internal yg berkurang tapi ketika dicek ketika dicolok ke pc diliat gak da isinya, bagaimana ini windows 8, kemana smua tu filenya, eleh-eleh

  11. ane juga pengguna lumia 620 nih,
    cukup nyaman juga, saya fikir batrai jelas berbeda dengan android (karna pernah uga pake android :D ), lebih hemat tentunya.
    menurut ane sih kekurangannya cuman agak merepotkan bagi para pecinta gretongan…
    hahahaa…!!

    1. Masbrooo… Yang saya tahu di lumia 820 saya gk bisa kirim file video, kecuali file video yang oleh sistem ini di kelompokan ke photos, paham kn maksudnya??? Akan tetapi,jika kita punya koleksi video entah berasal dari pc ataupun dari hasil download youtube, dan sistem ini mengelompokannya ke video yang bisa di akses melalui aplikasi musik+video, maka tidak ada cara atau menu pilihan untuk membaginya melalui bluetooth.. Silahkan di coba sendiri. Untuk memutar file bersubtitle, yg sya maksud adalah subtitle trsbut terpisah sbagai file tersendiri yang kemudian disimpan dalam folder yang sama dengan videonya kmudian kita coba putar, ternyata subtitlenya tidak muncul tidak seperti di pc atau android dengan mx playernya.

  12. Buehehe… Setelah migrasi dari si robot hijau ke WP mantap juga ternyata WP meski ‘tanpa’ file manager, saya sih setuju aja biar ngga ngaruh pada speed WP sendiri. Btw WP8 Lumia 620 ane lebih ajib sepertinya gan. Mudah skype :P

  13. Salam kenal,saya juga pengguna Windows Phone 8, tapi saya tidak tertarik dengan Nokia, jadi saya menjatuhkan pilihan pada HTC Windows Phone 8X, kenceng banget nih Hp, hehehe, selain itu saya juga memiliki Hp android SG note 2, dan ntah kenapa saya lebih menyukai Windows 8 ini, Rencana saya akan jual note 2 ini, kl windows phone sudah bisa di instal KlikBCA mobile, dan Mandiri Mobile…..hehehe, utk konsumsi batre, saya pikir HTC WP8X ini lumayan irit, dengan frekwensi nelp yang sangat sangat sering ( maklum kerjaan bro ) HTC saya bisa bertahan dari kurang lebih 2 hari…. mayanlah ( msh berharap bisa menggunakan Philips, sijagoan batre )

    1. saya juga pengen 8X :) tapi kesampainnya masih 8S hahaha, saya juga sempat memakai android low end :) lebih suka WP kalau masalah notif jejaring sosialnya. Kalau baterai, saya pakai HH apa saja selalu boros :D soalnya sering online, location selalu on + ngegame :D

  14. terimakasih teman teman infonya…saya jadi bisa membandingkan WP8 dan android..
    karena saya belom memiliki keduanya =))

    1. WP dan Android sudah menggunakan push email juga, tapi belum bisa membandingkan kecepatannya dengan BB karena saya belum pernah memakai BB :D

    2. Menurut saya bagian yg kurang dari wp 8, kalo kirim email lampirannya hanya bisa foto, kalo lampiran dokumen word harus masuk melalui aplikasinya n dishare lewat email itupun hanya bisa melampirkan 1 file aja.

  15. Secara kwalitas hardware n sofware,wp8 lebih unggul 60:40 vs andro,sayangx WP8 blm support java atau aplikasi java runner,jadi tdk ada alternatif untk mngatasi kekurangan2 yg trsebut diatas..
    SMS banking pun hrs ketik manual krn blm ada dukungan aplikasi.

    1. memang semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing2 :) tinggal kita harus pintar-pintar mengakali kekurangannya dan memanfaatkan kelebihannya secara maksimal :D

  16. saya sudah mencoba WP, lebih smooth dibanding android, tp sekarang saya lagi suka iphone, bagi yang minat HTC 8s wp 8 saya jual punya saya garansi tahun 2014. harga nego

    cp: 085695731888
    maaf sedikit iklan… :-)

  17. mau tanya donk agan-agan… saya berencana mau pake wp8 juga nih.. hanya setelah membaca dan menyimak komen-komen agan-agan di atas.. saya jadi ada pertanyaan nih.. jika di wp8 ini tidak ada file managernya gimana ya kita mau lihat file2 misalnya : file word, excel, PP ? apakah wp 8 ini bisa membaca file pdf dan zip ?.. apakah bisa membaca teks arab ? (alquran)..

    terimakasih infonya…

    1. file2 dokumen bisa dibuka lewat aplikasi office secara langsung, terintegrasi dengan skydrive. Ini yg saya suka.. saya bisa save dokumen di PC, langsung akses di WP dan sebaliknya. PDF sudah ada aplikasi reader sendiri, kalau file zip saya belum pernah mencoba

  18. mksh infonya agan2 yang baik…klo ada pertanyaan sy mampir lagi…sy mau beli dl wp8 nya…rencananya mau beli lumia 520 yg lbh murah dr 620..xixixi…ya sukur2 cukup buat 620…

    mohon doa nya…xixixixi

  19. mau nanya gimana cara bikin akun window phone biar bisa download permainan di hp lumia 520 tks infonya…

    1. Bisa mendaftar microsoft account langsung dari WP, saat akan login ada pilihan untuk register microsoft account. atau bisa mendaftar lewat PC/Laptop http://live.com

      Kendala yg saya alami, saya tidak bisa login menggunakan account yg sudah saya gunakan untuk login di Windows 8, jadi saya membuat account baru untuk Windows Phone saya :)

  20. kalau pake WP itu lebih boros pulsa ya? soalnya dengar2 aplikasinya banyak yg pakai pulsa. lalu kalau tidak paketan/nyambung internet, aplikasinya jadi mengganggu tdk? trims :)

    1. sama seperti smartphone yg lain, kalau tidak berlangganan paket data dan internet dinayalakan, pulsa akan cepat habis karena system selalu terhubung ke internet. Kecuali kalau paket data dimatikan.

  21. Saya pemakai wp 820. ini hp kok menurut saya banyak kekurangannya, tidak bisa kirim file lewat bluetooth. gak ada emulator java, gak mendukung flash player. Gak ada internet download managernya. File manager juga gak ada. wah kalo hp kayak gini masih kalah sama androidlah. Beda sama xperia punyaku, bisa digunakan untuk macam2 ibarat PC. Apalagi aku orangnya pingin yg bener2 punya smart phone. Kalo bener2 yg smart ya aku berat milih android. Bisa diinstall langsung dari sd card bermacam2 aplikasi layaknya PC. Masih ada yang bisa mengunggulkan Wp 8?????? Maaf aja Wp 8 tidak sepintar Android xperia, aku sudah bisa membandingkannya dan hal itu bisa kakian buktikan sendiri pasti akan kecewa seperti saya yg telah menggunakan lumia 820

    1. WP memang gak mendukung file manager, tapi bukan artinya ke depan gak bisa file manager, pasti ada aplikasi lain di marketnya suatu hari, tujuan gak tampilkan file manager mungkin supaya pembajakan dll diminimalisasikan,. sama juga kenapa bluetooth gak bisa sembarangan kirim data, menyangkut hak cipta, layaknya apple IOS juga gak bisa kirim2 data, dan juga gak ada file manager, tapi fans IOS sgt banyak, dan mereka ada cara juga lainnya yaitu dgn iFile,

      kenapa WP gak mendukung flash player dan java? karena WP sudah berbasis bahasa pemograman C, beda dengan android yg menggunakan bahasa Java 70% dan linux 30%. kelemahan android inilah yg menyebabkan seperti TS bilang, UI nya gak smooth krn membutuhkan processor tinggi, ini juga sebabnya mengapa android membutuhkan processor tinggi quad core bahkan okta core spt S4 samsung, beda dgn apple dan lumia yg cuma butuh dual core sudah bisa smooth UI nya, coba bandingkan lumia 520/620 yg hrg sejutaan dua juta, kalah sama android yg 4-5 jt, kemulusan pergerakan perpindahan menunya kalah jauh sama android,

      windows phone lagi bangkit, sama juga android dulunya juga banyak yg kurang lengkap. sasaran windows skr adalah menggeser android. kalo menggeser apple sih mimpi….

    2. Android adalah sistem operasi terbuka, sementara WP tertutup. Untuk user yang suka mengcustomisasi, bereksperimen, dan bermain2 dengan OSnya memang lebih disarankan ke Android karena sifatnya sangat terbuka. Sementara WP adalah sistem operasi tertutup yang sangat dibatasi penggunaannya, hal ini mungkin dilakukan si Pembuat OS untuk keamanan operating systemnya, agar tidak mudah disusupi program jahat, tidak mudah crash, dkk sehingga smartphone tetap berjalan dengan lancar dan normal.

  22. maav kawan kawan mau sedikit bertanya.
    klo misalnya saya beli WP 8 terus dirumah saya jg ada internetnya, kemudian saya tak mendaftarkan paket di simcard saya, apa pulsa nya juga berkurang ? sementara saya pengen download sesuka hati. mohon penjelasan bagi yg menggunakan :D

    Thanks.

    1. bisa, sama juga dengan smartphone lain. Tinggal nnaktifkan paket data, dan sambungkan smartphone ke WiFi, otomatis pulsa di SIM tidak akan tersedot untuk internet

  23. Difitur nokia wp8 ada settingan seluler jika dimatikan maka pulsamu tidak akan tersedot habis sama kayak android.Maka apabila ikut paketan internet fitur seluler harus dihidupkan kembali supaya bs terhubung ke internet. Bagi yg punya wp 8 kagak bisa akses *363# telkomsel bahkan operator lain. Nah inilah kekurangan nokia lumia hik…..!

    1. Sy pke torch 9810 kecewa berat. Ga bisa akses *363# telkomsel, ga muncul menu pilihan ,yg ada malah hang. Bener2 ga ada solusinya sampe detik ini. Hadeeeehhhh….

  24. Kekurangan lainnya jika pake paket internetan yg 3G kadang2 gka bisa jalan itu internetannya. Yang jalan hanya Edgenya. Waduh gimana kecewa deh.Kecuali ada Perbaikan Firmware yang bisa mengatasi hal ini. Hei nokia gimana ini kok bagusan symbian yang dulu???? Mending jangan beli lumia, beli lainnya aja.. Saya nih bener2kecewa….. Beli lumia 820 buang uang banyak kecewa. Kalo saya sarankan beli aja nokia symbian belle 603 atau kalo punya uang lebih N8 atau 808 pureview. Ini lumia masih kurang sempurna jauh.

    1. Kalau masalah signal, mungkin bukan masalah OSnya, melainkan device atau lokasi pemakaian, soalnya HTC WP 8s saya sinyal sangat lancar dan tidak putus-putus :)

  25. pengguna lumia…. mau nanya nokia city lens bisa dipake di kota2 indonesia ?
    pengen beli lumia yg support city lens, tapi takut gak berfungsi maksimal di indonesia ya sama aja boong, mau nanya review pengguna yg uda pake city lens cemana tanggapannya, misalnya di kota besar jakrta, medan, dll, apakah city lens bisa menunjukkan point2 yg spt di iklan2 youtube?
    dan misanya kita menandai suatu tempat secara manual, apakah di city lens bisa nampak bekas penanda atau nama tempat yg kita tulis yg sudah kita tandai?

    1. Sudah bisa.. Saya pakai nokia lumia 920, fasilitas city lens jalan lancar dan lengkap d kota malang.. Untuk soal Windows Phone atau Android, saya lbh pilih Windows Phone, karena cenderung stabil dan cepat.. Saya sdh pakai samsung galaxy S4 selama 8 bulan dan sangat kecewa karena sering crash dan aplikasinya bermasalah.. Selama menggunakan Lumia tidak pernah ada problem, multitasking berjalan lancar, tampilannya selalu terlihat fresh dan tidak membosankan..

  26. gan saya baru beli nokia lumia 620 di Malaysia dengan harga 630Rm atw setara 1890000, sedangkan di Indonesia saya liat harganya 2850000 ko bisa beda jauh ya gan…

    1. Masalah harga,saya malah kurang tau :D belum pernah ke Malaysia juga soalnya.. Tapi para kerabat sering juga membeli handphone dengan merk & tipe sama di Malaysia. Dan setelah dibandingkan, harga di Indonesia lebih mahal. Mungkin pajak di Indonesia lebih mahal, wkwkwk

  27. wah baca ulasan nya ama baca coment2nya kok malah bagusan coment2nya :D sesaat yang lalu saya sangat kepingin hp dengan os winds 8 setelah baca semua isinya saya jadi mengurungkan niatan sy.., kaya os belum jadi aja…

    1. Yap, semoga komentar2 disini dapat membantu para calon pengguna untuk menentukan OS apa yg sesuai dengan kebutuhannya. Saya juga sangat senang banyak sekali yg mau meluangkan waktunya untuk sekedar menulis ulasan-ulasannya tentang WP. Misalkan dirasa lebih cocok dengan sifat keterbukaan Android, selamat berburu Android! :)

  28. kawan kawan mau sedikit bertanya nih. gimana pindahin data phone book dari Windows 8 ke Android ? mohon infonya thanks?

  29. w8 sama dgn ios yaitu pembatasan layanan dgn alasan hak cipta ato meminimalisir pembajakan. untuk rakyat seperti saya lbh milih yg serba open alias gratis. sama fungsinya mending yg gratis. toh kenyataan di masyarakat kita windows buat pc aja byk bgt yg pake bajakan. mending gratis tp nggak mbajak, hehehe. saya pilih robot hijau. do all as your wish..

    1. Yak, saya juga biasanya memilih yg gratis daripada yg bayar, jika fitur yang ditawarkan juga sama.. Tapi sekarang banyak juga aplikasi berbayar di Android yg bisa didapatkan dengan gratis, nah.. tentunya yg suka bajak-membajak (karena Indonesia negara agraris) lebih memilih Android :) selamat membajak!! :)

  30. setelah saya saya pake android n WP untuk aplikasi WP masih sangat tertinggal jauh tp sya yakin pasti bnyak developer yg akan membuat app suatu saat nanti (ngarep)
    kbnyakan app d WP lebih mementingkan hak cipta untuk meminimalisir pembajakn tapi dlm kenyataannya kebanyakn user smartphone itu ingin app yang open n free,makanya user WP pasty banyak yang kecewa ktka membeli wp dibandingkan android yang lebih open…

    1. saat ini sepertinya pihak2 yg terkait dengan WP sedang gencar mengajak para developer untuk mendevelop aplikasinya untuk WP, seperti beberapa saat lalu, nokia membuat aplikasi khususu agar Instagram megeluarkan versi WP… Memang untuk msalah ini, aplikasi2 di WP sering mendapat update paling akhir, Mungkin para develop berpikir untuk mendahulukan update app di OS yg memiliki user paling banyak

  31. permisi mas mau nanya,wp mas kan htc ya?
    klo dibandingkan dengan lumia 520 apa sama? maksudnya pengoprasian os nya.
    trus apakah lumia 520 juga mendukung menu multi tasking?

    nb: klo boleh minta alamat fb nya dong,sekedar ingin tanya2 soal wp hehehe

    1. yap, kalau OSnya sama pengoperasian juga sama, mungkin yg berbeda hanya ada fitur2 tambahan yang eksklusif ada di type dan merk HP tersebut

  32. MASALH WP SINI w BUKA2an JAngan cm hina Wp…WP KEREN.GW UDAH TAU SEMUA maslah WINDOWS 8 and PHONE dari tmn w ORNG MICROSFT

  33. yang belm tau wp knpa gada file man krna android sm dgn symbian LOGIKA nya kalu smua file numpuk d hp bkin berat ga jln nya…smua app sdh tersedia ONLINE di situs http://www.windowsphone.com tinggl sign in aj and history purchase smua ada d stu file app nya….so dgn cloud smua aman bos.drpd android ada file man.ANDROID puny FILE man sprti lumia and I CLOUD gak…kalu beli app trs biar ga hilang kalu d simpan d HP or memori rusak HILANG gtuu aj dong APP nya.ALL ABAOUT android sm kya SYMBIAN…WINDOWS 8 and Phone BYK BARU nya….

    kalu format video LUMIA wp 8 w 920 bs smua bhkan VPN ADA…FORMAT nya FLV,MKV, semua video support…DOWNLOAD getThem ALL App and SYNOLOGY semua BERES.apalg zaman ONLINE DATA SINKRON PC dong melalui ADDRESS IP Modern dikit napa… ANDROID KUNO

  34. percuma udh pke android or wp apalgi LAYANAN DATA BULANAN SINKRON dong degn SKYDRIVE…OTOMATIS bkn SHARE MANUAL.ANDROID BS GAK GA USH PKE APP trs CLOUD…WINDOWS 8 BYK YG TERSEMBUNYI….KALU W KASH TAU SMUA NYA MAHAL Bro….pkoknya WOW windows hanya gw and ALLAH yg tau

    1. Kalo mau bandingin ya harusnya punya hp yang setara jeng . Jangan bandingin wp8 920 dgn Android yg murah.Masa gitu aja minta di jabarin.

  35. LUMIA WP 8 BEDA DGN WP 7 So kalu yg blm TAU and blng kekurngn nya skrg WP 8 lbh terbuka…SIAPA BLNG APP WP dikit pke REGION US tinggal rubah d setting kelar semua keluar bhkan kalu pke indonesia potong PULSA cuy…android bs gak potong pulsa dr store nya…LUMIA 920 w bs lah pke axis,telkomsel, and xl

  36. Maaf mau tanya, saya pemakai NOKIA LUMIA 702. Kalau mau recording suara, cari aplikasinya di mana ya? Sampai sekarang saya cari belum ketemu.

  37. Haha,banyak robot ijo user yg sok tau ttg WP8 :D
    WP8 emng bkn open OS dmn pengguna gabisa install app seenaknya sendiri. Mau semua app gratis? Silakan bikin app sendiri bos.
    Dan juga WP8 ibarat bayi yg baru lahir. Masih belajar ttg hidup mulai dr NOL. Coba deh inget2, apa iOS dan Andro saat pertama kali muncul dulu udah kyk sekarang? Klo gabisa jawab berarti dulu pas awal2 muncul iOS dan Andro pada masih pegang symbian :D

  38. ane baru anggan2 hijrah ke wp 8, gara gara si robot ijo rusak (gagal flashing) sekarang masih dibengkel, tapi masih mikir2 juga…. sempet pegang wp8 punya temen oke juga….

    1. wah, saya bukan pengguna Kakao :) tapi kemarin sempat install juga sepertinya fitur free call belum ada (tapi tidak tau apakah sekarang aplikasinya sudah ada update dan sudah mendukung free call). Kalau We Chat, fitur berkirim pesan suaranya sudah ada.

  39. kalau pakai windows 8 harus bundling ga kartunya? terus kalau masalah pulsanya gimana nih? *baru pengen nyoba pake WP*

  40. Wahh jadi pengen banget nih ganti ke WP .,^^,. Kira-kira battrey nokia lumia 520 bertahan berapa jam yaa? Untuk pemakaian browsing,game,sms,telepon

    1. Kok masih pada bingung soal blutut…monggo dibaca komen2 diatas.
      aktifin dulu blututnya…baru pilih file ( video atw foto ) yg mau dikirim

  41. hahaha bandinginya yg setera napa bandingin wp highend ma android lowend/murah gapunya otak y? kecuali ente pernah make xperia z trus hijrah ke 8s baru tuh dibandingin.
    ui keren? yg ada jga bosen karna uinya kotak2 kaya tepak sawah wkwkwk.kalo belum pernah pegang android highend jangan sok2an bandingin dah.semurah2nya android sistem bisa dioprek jdi g bkalan bosen,semurah2nya wp 2blnan jg dah bosen wkwkwkwk
    android smart user
    wp bad user

    1. maaf sebelumnya, gak usah saling menjelekkan…
      semua OS itu ada kelebihan dan kekurangan…
      gak perlu kita sebagai user harus saling menghina atas kejelekan masing2 OS.
      tergantung selera si penggunanya saja, toh juga dia yang punya uang untuk beli.

      kalau Android secara pribadi, saya rasa kekurangannya hanya SATU, sering hang dan lag. Jadi butuh spek yang sangat tinggi untuk menjalankan OS ini. Tapi kelebihannya sangat banyak. (karena saya juga pengguna Android)
      Kalau WP 8 itu sangat ringan dan smooth,,,,,namun kekurangannya ada pada aplikasi yang minim dan fitur sedikit kurang daripada android.
      *berkomentarlah yang baik da sopan..thks.

    1. Ada aplikasinya.. namanya Xbox Extras kalau dari WP. Kalau dari desktop tinggal akses xbox.com, terus login dengan akun microsoft yg dipakai untuk login di WP

  42. Mohon dibntu. Sy bru bli wp8. Tp blm paham cara unduh app. Setiap sy unduh slalu gagal n muncul pemberitahuan “persiapan keluarga sy”. Itu maksudnya apa yah..???

  43. ane mau tanya, apakah push notifikasi Fb wp8 emang ga bagus? ato cm HH ane aja yg ga bagus?? bisa telat 1 ampe 2 jam’an…
    mohon pencerahannya ….

  44. Misi gan.. Menurut agan-agan semua, secara keseluruhan enakan mana antara Nokia WP 8, WP 7, Symbian, atau Android? Mohon bantuannya ya, soalnya ane masih bingung mau beli yang mana. Thanks before :)

    1. tergantung agannya aja,,,,sesuai kebutuhan lah gan…
      mungkin kalo ane lebih milih antara WP 8 dan Android…itu aja..
      karena kalau syimbian udah gak ada update lagi….WP7 juga gitu..
      salam.

  45. android tuh os utk semua org. dr anak2 ampe org tua, dr yg miskin ampe yg kaya, dr yg bodo ampe yg pinter.
    wp 8 tuh untuk yg mengerti wp 8 az, dan punya stok pulsa byk.

    1. *maaf mau ikutan jawab. :)
      WP 8 tuh juga sama kok…gak cuman buat yang mengerti saja. buktinya tanpa disadari sebagian besar orang indonesia menggunakan OS windows pada komputernya, dan dirasa WP 8 gak beda jauh sama Win 8.
      dan untuk masalah pulsa..??? Ada apa dengan pulsa??, kenapa harus banyak…kan yang penting dipaketin internet aja kan….
      keseluruhan hampir sama dengan OS yang lainnya.. :)
      cuma aplikasi saja yang dirasa sangat minim..

    1. pernah baca di kaskus. itu bisa buat CDMA dan GSM juga. Walaupun untuk CDMA sudah bisa Rev.B, sayangnya yg GSM hanya mendukung sinyal EVDO. Dan itu harus pilih salah satu, karena bukan dual SIM

  46. Lumia 720 dengan Windows Phone 8 sangat memuaskan…
    OS bagus di tambah kinerja lincah dengan fasilitas pendukung terbaik, super sensitive Touch screen ( layar sentuh bukan layar tekan ) kamera dengan. Carl seiz vario tesar’s lense, batere 2000 mah, memory external up to 64 GB, store Application yv lengkap dan bisa bayar dengan potong pulsa, wi fi nya bagus bisa menangkap sinyal jarak jauh dimana hp lain tidak bisa, pokok nya sepuluh jempol buat Microsoft dan 3 jempol buat nokia ( karena harga nya )
    Blacberry, android, dan ios, selamat tinggal,..

  47. kalau menurutku kalau bidang kostumisasi (homescreen/startscreen) lebih baik android. kenapa? karena di android banyak sekaliaplikasi kostumisasi seperti launcher, lockscreen dll. bahkan tampilannya bisa sama persis kaya UI windowsphone8. yang membuat aku tertarik sama WP8 itu cameranya (lumia 1020) kalau soal aplikasi, game dll. tinggal tunggu waktu saja sampai aplikasi terkenal dibuat versi WP8 nya ;)

    1. yap,, untuk yg gila tampilan “NYELENEH” dengan berbagai tool kustomisasinya,
      Android memang lebih cocok. Kalau saya lebih worth ke clean & simple UI di WP.

      Yap, saat ini aplikasi2 dari iOS dan Andro sudah banyak tersedia di WP Store.

  48. Kang mau tanya yg pake wp8 atau htc 8s, akang pilih region mana supaya app nya sedikit lebih banyak? Apa region menentukan jumlah aplikasinya? Terimakasih gan.
    terus masalah internetnya kenceng ga?

  49. saya pengguna lumia 620, mau sedikit Sharing
    1. secara sistim kayaknya WP (Windows Phone) emang belum sepenuhnya siap karena pemisahan file yang ada belum jelas karena jika ada aplikasi, file atau pun data archive yang tidak dikenal di transfer ke wp maka hilang tidak terbaca
    seharusnya data ini tetap terlihatwalaupun tidak terbaca sehingga pengguna bisa memutuskan mau dihapus atau tidak (jadi tidak akan menambah beban memori yang ada)

    2. Saya baru aja test kirim dokumen mulai dari via bluetooth, email dll, untuk kirim dokumen office sangat lancar (dari dan ke Laptop, begitu pula download dan upload (“Tergantung Jaringan”)) tapi untuk file Pdf kayaknya susah harus instlall adobe reader dulu (itu untuk terimanya baik dengan bluetooth ataupun download dari email) tetapi untuk mengirimkan file pdf saya sangat kesulitan (mungkin belum nemu kali)

    terus terang saya berharap banyak pengembangan pada WP karena seperti pepatah tiada gadng yang tak retak (Dulu Android juga banyak yang nggak mau pake karena dianggap OS kelas bawah (asalnya dari linux (http://en.wikipedia.org/wiki/Android_(operating_system)))

    akhir kata masing-masing orang punya pendapat, ini pendapat saya

  50. mau tanya, cara pindahin aplikasi wp8 dari memori telepon ke sd card gimana ya? soalnya udah mulai penuh di memori telepon

    1. sepertinya untuk WP belum mendukung installasi aplikasi ke SD card.
      Pernah baca karena alasan keamanan juga semua app harus diinstall di memori internal.

  51. gmana cara menghapus game yang sudah saya download dengan meng uninstal seperti di pc bukan hanya sekedar hapus saja.
    satu lagi gmana cara memindahkan file game2 yg sudah saya download ke kartu memori bukan ke memori telpon.saya memakai lumia 620 trims kalo ada yg tahu

    1. tahan di menu aplikasi yang banyak” pilih yang mau diuninstall klik tahan dan akan muncul pilih uninstall

      kalo mau install game dari SDCard liat distore akan ada muncul tulisan SDCard

    1. telp aza provider SIM nya. tar juga dikasih tau settingannya. soalnya settingan nya beda ama hp laen. kalo pake wifi sih lebih mudah lagi, tinggal aktifin, cari, hubungin, nyambung deh. (settingan wifi nya super mudah dibanding AN****D ama Black Baron.

  52. waw, pada ngomongin WP ya? horeee banyak temen juga rupanya. dulu sih ane pake samsung android, tapi yaaaaaa… banyak ngeLAG nya, pindah ke aplikasi laen juga ribet. nah ane coba deh WP8 pake lumia 520. pertama susah jalaninnya, lama-lama ane kuasain deh. asik bener pake WP8, internet kuenceng, trus udah live tiles lagi. notifnya azach cepet banget. n yang terpenting ampe sekarang neh gak ngerasain yang namanya LAG. orang OS nya aza mumpuni (microsoft punya)

    1. sepertinya belum ada untuk Lumia, tapi kalau WP yg udah support GSM & CDMA ada punya smartfren, wakalupun nggak dual sim ON, tapi slot SIMnya mendukung GSM & CDMA

    1. pertama putar sebuah lagu, terus tambahkan lagu2 yg akan dijadikan playlist. Caranya hold lagu/artis/album yg akan ditambahkan, lalu pilih “add to now playing”, begitu seterusnya hingga llagu2 yg akan dijadikan playlist terkumpul
      Setelah itu, menuju ke halaman now playing di music (yg ada tombol2 next, pause, prev + gambar album cover). tekan tombol option di bawah, lalu pilih “save as playlist” jadi deh…
      untuk mengakses playlist. Dari halaman awal musik+video, pilik musik, geser2 ke kiri akan ada list playlist yg pernah dibuat

  53. ijin share ya
    menurut ane hp ini secara tampilan dan performa udh oke
    beberapa kekurangan wp8 adalah
    IE10wp8 ga bisa download file appun
    kalo urusan app&game ga masalah tp untuk urusan musik&video seharusnya download able jg di tiap menu tampilan msing2 jd tiap pengguna akan di mudhkan dan menjadi smartphone yg benar2 simple…

    1. IE bisa download, asal file yg download bisa dibuka salah satu aplikasi di WP, misal dokumen, PDF, image, dll.. Tapi nanti savenya di memori internal dan ngaksesnya dari aplikasi yg dipakai untuk membuka file tersebut

    1. Banyak perbedaannya, masing2 ada kekurangan & kelebihan (bisa dilihat di komen2 sebelumnya) kalau disetarakan mungkin Android Jelly Bean, sama-sama versi terbaru

  54. MEOW!@wp8 dan android kayakny nggak bs di samakan msing2 ada kelebihan dan kekurangany mungkin kelebihany os nya lbih ringan dan bisa mengatasi smua game dan app yg ada di store,maksud ringan disini jika di bandingkan dgn os andrxxd pada spek yang sama klo kekungany itu tergantung user tp disini saya tulis aja munkin bs di jdkan perbangan
    1 video hanya suport mp4 & 3gp tp untuk wp8 yg termurahpun (n l520) udh suport video hd 720p
    2 nggak ada flash player, ini berlaku untuk smua seri wp8

  55. Aku pake Lumia 720, dan sudah donlod File Manager via Application Store. Tapi tetep aja nggak bisa baca semua file yg ada di SD Card. Sudah 3 aplikasi File Manager yg terinstal di sini, tapi semuanya sama, nggak ada yg bisa baca isi file SD Card. Bingung gimana caranya supaya bisa baca isi memory card ini.
    Pengen ganti lagi ke OS lain tapi udah kadung sayang banged sm camera-nya. Untuk hasil foto aku sangat puas banged !

  56. bro
    saya pengguna wp8 nokia lumia 520

    menurut saya, semua aplikasi yg ad di wp8 lumia 520
    berbayar,gak ada yg gratis…

    mengunduh aplikasi yg terdaftar di gratis teratas aj
    dikenai biaya pemotongan pulsa….

    kalo kita gak hati2 gunain tu ponsel
    bisa bangkrut….

  57. bener yg di atas..tiap OS mempunyai kekurangan dan kelebihannya sendiri”..susah di bandingin..karena masing” mempunyai karakteristik yg berbeda..
    iOs : untuk pengguna yg ingin bermain game 3D yg bagus”.. karena game di ios emang keren” dan grafik nya jg tingkat dewa untuk sekelas smart phone..
    Android : untuk pengguna yg lebih suka ke entertaint.. karena di sini bnyak sekali aplikasi yg gratis.. karena os android yg gratis.. dan untuk pengguna yg suka oprek oprek Os dirasa android lebih cocok..
    Windows Phone : untuk pengguna yg lebih mementingkan kesimpelan smart phone..
    karena di windows sosmed, email kontak, dll di jadikan lebih simple.. contohnya di menu people, qt bisa lihat kontak sekaligus aktifitas FB twiter dan sosmed yg lain..WP lebih cocok untuk org yg kerja jg.. karena fasilitas Office yg lebih bagus..email.. one note dll..
    meskipun kekurangan WP os nya masih belum bisa di oprek oprek.. dan vendor aplikasinya masih dikit..
    tp selama saya menggunakan Lumia 620.. ga ad lemot di WP.. transisi tiap menu bagus..
    dan ada titik cerah buat nokia karena saham Nokia di beli oleh Micrsoft.. dan bisa jadi aplikasi di WP akan lebih banyak lg..

    Nb : path, instagram, dll kabarnya akan muncul di WP akhir september..

    1. iyah aplikasi windows phone akan berkembang karena sudah banyak pengguna yang memakai lumia
      karena mereka terpengaruh sama iklan SMARTSHOTnya nokia
      apalagi sekarang Lumia AMBER sudah muncul
      ane pake Lumia AMBER ga ada perubahan
      hanya ada aplikasi tambahan dan Nokia Smartcam

      bdw HTC ada SmartShotnya ga ?

  58. Ada yang tau gak cara mindahin video hasil rekaman yang kesimpen di foto ke video

    Ko pas ane colokin hp lumia ane ke laptop gk da sih file file video hasil rekaman ane
    Yang da malah video hasil blotutan

  59. gw masih gaptek nih gan. mau tanya aplikasi berbayar di WP8 itu maksudnya bayar saat ngunduh aja? atau bayar juga saat memakai aplikasinya? thnx

    1. cuma beli satu kali dalam seumur hidup
      game asphalt ane bayar 8550
      ane kemarin abis reset HP aplikasi hilang
      ane nyesel setelah ane beli lagi ternya geratis padahal pulsa ane 56
      asalkan masih account microsoft yang sama

  60. mohon bantuan gan .ku pke wp.htc(klo g salah ygwp 8 s) gmna cara sinkron ke pc? kok kuotak atik g nemu itunya.. ,apa istilah htc,klo nokia pc suitnya tolong agan infonya

    1. PC agan pake OS apa ?
      kalo XP kayanya ga support
      kalo windows 7 sudah support
      kalo windows 8 download aja aplikasi “windows phone” diSTOREnya

    2. Saya pernah colok HTC WP8s saya ke Win7 dan Win8, langsung konek tanpa driver. Di windows 8 akan muncul aplikasi baru, tapi tanpa aplikasi itu, kita bisa langsung membuka memori internal dan SD card dari Win Explorer, that’s simple :)

    1. ane saranin ente kebutuhannya apa ?

      sekedar buat bisnis gunakan android
      sekedar buat live style gunakan windowsphone juga support dengan Kompas jadi ga akan ketinggalan berita
      dan aplikasi 70% microsoft membangun sendiri
      nokia lumia juga menang dalam navigasi PETA anda keabisan PULSA dan Paket tetap bisa berjelajah karena here drive atau here maps mendukung aplikasi peta offline sedangkat google maps masih membutuhkan internet untuk mendeteksi keberadaan anda

      soal email windwosphone lebih cepat ketimbang android karena android singkron harus menyala jika tidak menyala maka email ga akan masuk bila scyn menyala battry akan lebih boros 2x karena ada upload photo yang terus berjalan
      sedangkan windowsphone autoscynnya sendirian tidak disamakan dengan skydrive (Cloud Store)

      soal game ane saranin buat apa main game di HP toh udah ada PS3 sama game PC yang grefiknya lebih WOW dan banyak

      soal Sosial network jelas menang android karena developer mencari keuntungan yang lebih besar untuk mengembangkan aplikasinya

      Hardware ? ane rasa dari segi kamera NOKIA NOMOR 1 dari semua HP/SP

  61. kenapa hp nokia lumia tidak bisa conect terhadap bluetoth , wife dan dan cek pulsa.. Apa penyebab nya dan gimna cara membetulkan nya..

    1. Nokainya sudah WP8 atau masih WP7.X, kalau WP7.X memang agak rumit masalah bluetoothnya, perlu aplikasi tambahan katanya (CMIIW soalnya belum pernah pakek WP7.X) kalau untuk WiFi, ada kemungkinan dari APnya. Kalau cek pulsanya tidak bisa, bisa jadi trouble jaringan.

    1. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan gan ^^ saya sarankan sering baca2 review dari yang sudah pernah pakek produk diatas, samakan dengan kebutuhan agan, baru menentukan mana yang sekiranya cocok

  62. Cm info :) Kalo mau liat aplikasi yg mau di release. Cb donlot app Where’s My App? Contohnya Instagram dan Path. Hrus diubah region dlu ke United States

  63. Saya mau nanya,saya baru beli lumia 520.saya nyoba ke google untuk download whatsapp kok rumit bnget ya?smpek skrang kok belum bisa.mohon bimbingannya.makasih

  64. hahahha,,,, gue udah pakai lumia 620 1 bulan lbh,,, puas bangetttttt nget nget nget kyk tai ayam jiahahahaha,,,, ada sih beberapa masalah, tp itu semua gk masalah soalnya gk terlalu gue butuhin(n pasti akan diatasin lewat update yg akan datang, jujur guelg nungguin update GDR3 n wp8.1).
    perpindahan antar aplikasinya mantap coooy, cepet n gak ribet. perlu bro2 sekalian tau gue paling gedeg jk pakai hp trus mau pindah aplikasi tp hrs tunggu beberapa detik dulu baru bisa pindah. trus yg bilang wp tampilannya kotak2 dan membosankan pasti belum pernah pegang wp secara langsung(kasiahan ya). gue lihat live tilesnya aja bisa senyum2 sendiri, emang yg lain bisa? jawabya” gak”.

    udah gt aja… :p

  65. Saya pengguna lumia 620, mohon bantuan bagaimana agar file word dan excel yang disimpan pada sd card dapat dibuka pada hp tersebut, aplikasi apa yang harus saya gunakan ?

    1. Saat ini dengan office mobile hanya bisa membuak file hasil download/dari folder skydrive kita. Untuk office 2013, sinkornasi ke skydrive sudah sangat mudah

    1. Saat ini belum ada file manager di WP, mungkin ini ditujukan dengan alasan keamanan OS, dimana jika hak akses terlalu terbuka, akan mempermudah masuknya program-program jahat ke system

  66. di wp8 bisa gk download video youtube, lagu” d 4sared atw index..
    n ad gk opera mininya..? bluethoot a gmna?

    mau beli hp wp tp pernh minjm hp tmn, bnyk bingung” a ane ma tu os, tp ane suka sma desain hp” wp.

    1. Sepertinya sih bisa, soalnya saya pernah nemu di Store youtube video downloader, untuk lagu di store juga banyak aplikasi untuk download lagu

      Opera mini saat ini belum teredia, tapi sudah ada lampu hijau dari pihak Opera untuk membuat Opera Mini for WP, alternatif browser lain bisa digunakan, seperti UC atau maxton

      Bluetooth selama saya menggunakan belum menemui masalah serius, untuk sekedar kirim gambar / video hasil reaman bisa.

      Kalau bingung, namanya juga OS baru :D butuh pembiasaan untuk menggunakannya :D

  67. mau tanya donk Gan, baru pake lumia 920, gimana ya cara isi music nya? trus gw colokin ke Laptop kok gak kebaca ya, yang kebaca cuman photo doank. help dun… thx

    1. Masukin folder Music gan kalau pengen isi musiknya, kalau belum ada coba buat sendiri aja foldernya, atau format SDcardnya dari HP bukan dari PC/Laptop, biasanya langsung ada foldernya

  68. gan mau nanya ni, gimana cara matiin koneksi internet lumia 520 ya? pulsa ane kesedot trus
    padahal di hp sebelomnya gak gini, mohon bantuan dan langkah”nya maklum ane katrok

    1. masuk ke setting -> mobile network -> Data connection di offkan saja kalau tidak ada paket internet :) biasa kalau smartphone mah, sedot pulsa banyak kalau nggak dipaketin

  69. Knpa ya lumia 510 terasa lelet banget, misal mau buka kontak aja biasa smoai 2-3 detik an, pdhl sblm a enggak, .ad yg bisa ngasih solusi gk??

    1. bisa jadi terlalu banyak aplikasi yg terbuka, kalau kebiasaan gak close aplikasi, tapi cuma meminimisenya (dengan menekan tombol windwos) aplikasi2 tersebut akan tetap terbuka dan membebani ram, sehingga menyebabkan kinerja berkurang

  70. ad cara praktis gk tuk exit dr browser internet explorer.
    masa kalo mau exit hrs ngelik tombol back puluhan kali..?
    mana opera mininya gk ada,, hedeehh ngeselin bngt. pokok a windows phone masih bnyk kurangnya ketimbang androit.

    1. kalau udah GDR3, tingal tekan tombol back lama, terus di jendela Internet explorer tinggal tekan tombol close (x), kalau belum GDR3, buka menu tab, terus close aja tabnya, tinggal 1 kali tombol back, IE langsung close

  71. Ane masih nyobain 520 nih bro. lebih simple ketimbang Android. sesuai yang dibutuhin. etapi namany baru, masih adaptasi sih, menyoal kelengkapan aplikasi. yang pasti, WP lebih stabil ketimbang Android.

  72. Mas Mau nanya ko hape saya yg Lumia 520 Mau unggah aplikasi selalu ada kata “persiapan keluarga” maksudnya apa mas? Saya ngga ngerti.. Mohon bantuannya

  73. Sy mau tanya dong.. hp saya nokia lumia 520 tidak dapat memutar hasil rekaman video. kenapa ya?
    setiap merekam video, durasi file yg tersimpan berubah sendiri, misal sy rekam video selama 01:25 (satu menit dua puluh lima detik), ketika akan diputar durasi yang tampil jadi lebih lama menjadi 12:59, tapi tidak bisa diputar.

  74. ane pake Lumia 620, agan agan jangan takut ga dapet aplikasi yg seru, terlebih buat Lumia, karena Nokia menyiapkan aplikasi tambahan untuk Lumia nya ..

    paling keren nih gan, menurut ane meskipun aplikasi masih terbilang sedikit, tapi aplikasi yg ada berkelas, paling bagus photo editor di android, pengalaman ane ga ada yg nandingin photo editor di Lumia/Wp ,, di Wp , agan bakal nyangka itu hasil photoshp dr kompi terbaru,,

    multitaskin ok,, dan ane jatuh cinta ama livetile nya,

    bonus akhir tahun ane upgrade ke Lumia 920, design nya gan, bikin ngiler .. nokia paling bisa emang bikin design berkelas,,

    sekian gan

  75. saya mau tanya nih
    saya mau tukeran hp dg kaka saya yg pake lumia 620. apakah saya bisa bikin akun microsoft baru atau terpaksa pake akun kaka saya? kalo bisa bikin baru gimana caranya?
    mohon bantuannya
    makasih

    1. sepertinya tidak bisa disetarakan, ini benar-benar berbeda. Tapi kalau disetarakan dalam hal tanggal rilis, mungkin 7.5 itu bisa dibilang seangkatan dengan Gingerbread

  76. wah ane bru beli lumia 702. Tp msh di tangan adek. Trus td ane bca cment2 temen yg di atas kata’y ada yg bilang klu ganti sim card ga bsa internetan lg kecuali di reset ulang. Mohn penjelasan’y n trimakash

  77. Ane pake smartfren w1

    btw,kok ngelag parah ya stlah migrasi k gdr3
    kbr²nya gada update dr microsoft lg alias cm bs jailbreak aja(dan terpaksa garansi hilang)
    bbm jg stlah update terbaru ini malah sulit bgt d buka cm loading doang ampe bjam²

    bg yg tau mohon sharenya

    1. Mungkin speknya kurang kenceng buat ngejalanin GDR 3 gan… Kalau BBM muter2 emang sempet beberapa hari yg lalu (semingguan) servernya BBM lagi eror, semua pengguna pada ngeluh

Berikan Balasan

